Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Premine : Scam Cryptocurrency ?




Hallo apa kabar, semoga Anda selalu diberi kesehatan dan kecukupan.
Dalam artikel ini akan kami akan bahas mengenai pre-mine atau pra-tambang, dan segala yang hal yang menjadi perdebatan dibanyak komunitas Cryptocurrency dan apakah Premine dan Instantmine salah satu bentuk aktivitas scam pada Cryptocurrency ?
Mari sama-sama disimak. 😉😊

Sebenarnya, distribusi kekayaan yang adil tidak ada hubungannya dengan adopsi massal.
Kita bisa menggunakan US Dollar (USD) sebagai contoh persamaan.
Tentu saja, USD tidak didistribusikan secara adil tetapi itu adalah mata uang yang paling banyak diterima oleh manusia di muka bumi.
Tapi bagaimana di Cryptocurrency? kan katanya terdesentralisasi tetapi apakah Cryptocurrency didistribusikan secara adil ?

Bahkan dengan Bitcoin dan banyak cryptocurrency populer lainnya, hanya minoritas yang mengendalikannya.

Itu bukan berarti mereka tidak adil. Baik pencetus ide (baca : kreator), developer dan para pengadopsi awal layak mendapatkannya karena sudah bekerja keras (memang seharusnya begitu) dan membuat keputusan yang cerdas dan tujuan yang baik tentunya.
Nah, di sini istilah adil jadi cukup subjektif.
BTC mungkin tidak didistribusikan secara merata tetapi tentu saja didistribusikan secara adil dan memiliki banyak pengguna aktif.

Tapi bagaimana jika ada koin di mana sebagian besar koin sudah Pra-tambang atau instant-ditambang oleh sekelompok kecil orang? Apakah Anda dapat menyebut tindakan itu adil?

Anda dapat membuka website sejenis coingecko, coinmarketcap dan Anda akan menemukan ribuan koin Crypto disitu. Banyak dari koin-koin itu sudah tua (tidak dikembangkan lagi oleh kreator, developer atau juga komunitasnya) sehinga mati begitu saja dan beberapa di antaranya ada yang baru yang tidak banyak orang sadari kehadirannya.
Dari daftar semua koin-koin atau token-token tersebut lebih dari 70% dari proyek-proyek yang menjalankan premined atau penambangan instant.
Premine dan Instant mine dalam cryptocurrency adalah salah satu cara umum untuk merilis koin, dua istilah tersebut sedikit berbeda dan di antara masyarakat atau komunitas Cryptocurrency, dua istilah tersebut memang sangat kontroversial.

Jadi apa sih Premine dan Instantmine itu ?
Apa alasan adanya koin premine dan bagaimana hal itu dilakukan? Apa kekurangan dari koin premine ? mengapa premine dianggap buruk dan koin apa saja yang populer yang termasuk dalam koin premine ? Mari kita bahas lebih dalam.

Apa itu premine ?

Penambangan adalah proses di mana transaksi diverifikasi dan ditambahkan ke blockchain. Juga merupakan sarana di mana koin baru (reward bagi penambang) dirilis ke publik.
Proses ini melibatkan kekuatan komputasi dan dengan bertambahnya jumlah penambang di seluruh jaringan, kesulitannya juga (difficulty) terus meningkat. Akibatnya biaya penambangan dan konsumsi listrik juga meningkat. Lalu apa itu pra-penambangan (premine) ?

premine adalah proses di mana pengembang (developer) atau timnya menambang sejumlah uang crypto untuk diri mereka sendiri sebelum proyek diluncurkan secara resmi ke publik. Jadi bagaimana cara mereka melakukan premine dan apa alasan di balik premine ?

Developer crypto itulah yang menentukan hadiah (reward) dalam blok, suplai koin, bagaimana dan kapan koin harus didistribusikan.
Jika Anda dapat mengembangkan koin, Anda dapat menetapkan aturan Anda sendiri. Anda dapat mengkodekan sebagian besar pasokan koin dalam 1 blok dan menambang semuanya sendiri sebelum rantai tersebut ditayangkan ke publik.

Premining juga dikenal sebagai penambangan pribadi atau penambangan mandiri yang merupakan cara mengumpulkan sejumlah besar koin. Proses ini dilakukan secara internal oleh pengembang dalam jangka waktu yang singkat dengan tingkat kesulitan yang rendah (difficulty=1). Artinya, mereka dapat menambang semua total pasokan koin di blok genesis dan mengkreditkannya ke alamat mereka sendiri atau mereka dapat menambang dalam jumlah tertentu hingga ketinggian blok tertentu. Semua aturan ditetapkan oleh developernya dan seluruh proses premining dilakukan sebelum kode sumber dirilis ke masyarakat umum. Jadi apa alasan developer melakukan premining dan mengapa mereka ingin mengontrol sebagian pasokan dari crypto yang mereka buat itu ?

Ada banyak alasan bagi developer untuk menambang koin dan salah satu alasan yang paling jelas adalah Exchanger (Market Crypto). Sebagian Exchanger cryptocurrency cacat. Mereka tidak peduli apakah proyek itu sah, valid, scam atau aspek teknis apa pun dari suatu koin. yang mereka pedulikan hanyalah membuat keuntungan (cuan/opit), dan untuk mendaftarkan koin pada fase awal, regulator exchanger meminta bayaran dan hal itu dilakukan dengan mendorong developer koin yang ingin listing untuk melakukan premine dan membagikan sebagian dari koin mereka sebagai biayanya.

Terlepas dari biaya daftar ke exchange, koin premine ini menguntungkan developer dan proyeknya dalam banyak hal. Beberapa developer menganggap koin premine ini sebagai bonus untuk mengembangkan proyek lebih lanjut. Beberapa di sisi lain menggunakannya untuk mendanai proyek. Mereka biasanya tidak menjual koin-koin itu, alih-alih mendukung komunitas dan menjaga ekosistem yang sehat, tim inti membuat kontrak yang telah ditentukan dan dapat menggunakannya koin-koin itu kapan pun diperlukan.
Misalnya mereka menggunakannya untuk memberi penghargaan kepada tim pengembangan, untuk pengembangan di masa depan, promosi, dan program hadiah untuk mendorong adopsi para pengguna.

Selain itu, premine dapat terjadi jika model proyek dirancang sedemikian rupa, misalnya ada beberapa uang kripto berbasis PoS (Proof of Stake) yang di-stakingkan yang 100% sudah dipremine dan dirilis ke masyarakat umum. Lalu ada ICO (Initial Coin Offerings) di mana satu-satunya cara untuk memberi reward kepada investor awal adalah dengan token asli yang diprakarsai oleh tim developer.

Oke, sekarang apa itu instant-mining dan apa bedanya dengan pre-mining?

Ada perbedaan antara Premine dan Instantmining. jika premine, ditambang sebelum peluncuran ke publik dan hanya developer yang dapat melakukannya. sedangkan pada instant mining, blockchainnya sudah dirilis ke publik tetapi sebagian besar koin ditambang selama beberapa jam sejak dilaunching. Instantmining dapat dilakukan dengan sengaja di mana beberapa block memiliki reward yang tinggi atau dapat juga terjadi secara tidak sengaja karena coding koin yang buruk.

Salah satu contoh yang pernah terjadi dari Insta-mining adalah koin bernama Dash.
Sekitar 2 juta koin Dash ditambang dalam waktu 48 jam karena masalah penargetan ulang difficulty dan itu lebih dari 10% dari total pasokan.

Koin yang di-instamininig juga dikenal sebagai koin yang diluncurkan secara tidak adil karena kepemilikan besar dari total pasokan koin berakhir di tangan pencipta dan penambang awal. Inilah sebabnya mengapa di sebagian besar alt-coin Anda akan menemukan fitur yang disebut perlindungan penambangan insta di mana beberapa blok pertama hanya memiliki sedikit atau tidak ada hadiah blok.

Lalu, apakah BTC termasuk dalam premine atau instantmine ?

BTC tidak dipremine. Namun beberapa perkiraan menunjukkan bahwa kreator Bitcoin (Satoshi Nakamoto) telah menambang sekitar satu juta koin selama tahap awal. Jadi sampai batas tertentu BTC juga dianggap instantmine tetapi juga BTC adalah pengecualian.

BTC adalah uang kripto pertama yang menggunakan protokol Bitcoin dan ketika masih dalam tahap awal, BTC tidak memiliki nilai sama sekali. Satu-satunya orang yang peduli dengan BTC adalah kreatornya dan dialah satu-satunya yang terus menambang sendirian. Terlebih lagi untuk membawa teknologi yang revolusioner seperti itu, developer Bitcoin layak mendapatkan setiap byte BTC 😀.

Tapi, Akhir akhir ini benar-benar berbeda. Ada ribuan cryptocurrency. Sebagian besar koin yang Anda temukan adalah turunan BTC atau kloningan dari beberapa koin lainnya.
Koin-koin ini tidak memiliki nilai sama sekali dan koin-koint itu hanya dirilis hanya dengan tujuan menghasilkan uang dengan cepat bagi developernya.
yang sebenarnya terjadi adalah developer mengambil kode sumber di github biasanya, mengkloning proyek dengan mengubah beberapa nilai beberapa parameter, menghitung suplainya lalu merilisnya ke publik, kemudian mereka membuat sensasi pada proyek tersebut, nge-pump nilai koin dan menjual semua koin pra-mine mereka untuk BTC atau dapat juga USD.

Kejadian seperti itu umum di Altcoin dan/atau token dan inilah mengapa sebagian besar ICO (Penawaran Koin Awal) terjadi, karena praktik yang tidak etis dan tidak adil ini, premine dalam cryptocurrency sering dianggap buruk. 

Di bawah ini adalah beberapa cara di mana koin premine cenderung menipu penggunanya.

Pump and Dump: Developer yang terlibat dalam skema Pump and Dump memiliki sejumlah besar koin yang mereka premine.
Untuk membangun kepercayaan terlebih dahulu mereka membuat roadmap dengan janji-janji manis yang penuh dengan harapan palsu (to the moon 🚀
). Kemudian mereka mendaftarkan koin mereka ke beberapa exchanger. Setelah terbangun hype dan hasilnya harga koin melonjak cepat. Setelah mencapai keuntungan yang besar, developer mulai menjual dan ditukar BTC atau FIAT pada akhirnya.

Hal yang sama berlaku dengan ICO tetapi alih-alih mendapatkan BTC, mereka ingin mendapatkan Ethereum (ETH). Begitu mereka sudah mengumpulkan dana yang diperlukan, mereka berhenti dan tidak menunjukkan banyak kemajuan/pengembangan pada proyek kripto yang mereka ciptakan, jadi proyeknya diam tidak bergerak atau mangkrak dengan banyak alasan dan menyalahkan berbagai pihak (propaganda).

Penipuan Pre-sale Masternode : Ini sering terjadi belakangan ini. developer yang terlibat dalam penipuan masternode biasanya mengkloning koin masternode populer seperti Dash. Tapi di sini alih-alih membuangnya di exchanger, mereka membuangnya langsung ke pengguna. 

Pertama mereka membuat hype pada proyek dan mereka membuat pengumuman di acara lelang. Kemudian mereka mulai menjual masternode (komputer dengan spesifikasi tertentu) dengan harga hingga 200juta Rupiah per node. Setelah tujuan mereka selesai yaitu setelah mereka menjual cukup banyak node, mereka meninggalkan proyek tersebut 😭.

Mengambil Keuntungan dari Proof of Stake (PoS): Dalam sistem Proof of Stake, orang yang memegang banyak koin akan menang.
Jadi dalam koin PoS, hanya developer dan penambang awal yang telah melakukan premining atau instantmining yang akan banyak diuntungkan.

Jika Ethereum akan beralih ke Proof of Stake maka itu tidak hanya menghancurkan desentralisasi-nya tetapi itu juga akan menjadi salah satu sistem moneter yang paling tidak adil. Sekarang mari kita lihat beberapa mata uang kripto populer yang diluncurkan dengan menggunakan premine.

Seperti yang Anda lihat, hampir semua koin teratas memiliki sebagian dari jumlah pasokan koin / token yang ada. Itu tidak berarti semua koin ini scam. Namun sebelum menambang atau berinvestasi salah satu hal terpenting yang harus Anda perhitungkan adalah Premine.

Kesimpulan

Jika sebuah koin itu sah (punya fungsi/punya nilai), developernya seharusnya menyebutkan jumlah premine atau Anda dapat menemukannya di kode sumber koinya. Tetapi meskipun developernya transparan, yang harus Anda perhatikan juga adalah pada faktanya sebagian besar koin/token yang di premine biasanya tidak memiliki masa depan dan tidak memiliki pondasi. Jadi, jika Anda pernah menemukan koin di mana sejumlah besar sudah di premine, maka bantulah diri Anda sendiri dan waspadalah, terlebih jika komunitasnya tidak mau mengadopsinya/menerimanya, kebanyakan komunitas Cryptocurrency lebih memikirkan untuk melepas/menjualnya ketimbang mengadopsinya.

Koin / token yang terdesentralisasi dapat menjadi terpusat jika sejumlah besar pasokan koin berada di segelintir tangan.

~X11CICXTruhodler~ 

Dengan persentase pasokan koin yang besar, seseorang dapat dengan mudah memanipulasi pasar/market dan inilah yang sebagian besar terjadi di ranah crypto

Cryptocurrency seharusnya didirikan dengan tujuan desentralisasi dan kesetaraan dalam pikiran sehingga tidak memberikan kesempatan bagi orang untuk mendominasi.


Salam Desentralisasi 💪🏻💪🏻💪🏻


Tambahan :

1. Mengapa Anda harus mempercayai saya yang menulis Blog ini ?

Saya tidak memiliki kualifikasi resmi (bukan ahli) dalam Cicoin ataupun Cryptocurrency. 

Saya baru saja membaca banyak kode, menulis banyak kode, dan mengajukan banyak pertanyaan ke komunitas. 

Semua yang saya ketahui tentang Cicoin ataupun Cryptocurrency berasal dari latihan dan pengalaman.

2. Mengapa semua informasi dan ilmu ini saya bagikan gratis disini ?

Cicoin ataupun Cryptocurrency adalah program sumber terbuka yang dapat Anda jalankan secara gratis.

Saya telah mempelajari semua yang saya ketahui tentang Cicoin ataupun Cryptocurrency lalu menulis blog ini secara gratis.

Blog ini dibangun sepenuhnya dengan alat sumber terbuka yang gratis.

Jadi kenapa tidak saya berikan pendidikan gratis ini saja kepada Anda , kan ?

Meskipun demikian, donasi Anda sangat saya hargai untuk menukarkannya dengan secangkir jahe hangat 🍵 

KLIK DONASI

3. Mengapa Saya membuat blog ini?

Karena saya ingin orang lain memahami cara kerja Cryptocurrency secara umum atau Cicoin secara khusus.

Cryptocurrency ataupun Cicoin memungkinkan Anda untuk mentransfer nilai kepada siapa pun di dunia, dan saya pikir ini sangat penting. 

Jika Anda memahami cara kerja Cryptocurrency melalui Cicoin salah satunya, Anda dapat membuat aplikasi keren versi Anda sendiri dan menambah pengetahuan didalam kehidupan Anda.

3 komentar untuk "Premine : Scam Cryptocurrency ? "