Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Anda Memiliki Cicoin ?


Ketika Anda memiliki Cicoin dengan cara Anda sendiri baik mendapatkannya melalui pembelian, upah, atau mempunyai bisnis yang melibatkan Cicoin didalamnya, sebenarnya apa sih yang Anda miliki ? Kandungan apa yang terdapat pada sesuatu tak berwujud bernama Cicoin yang mempunyai kode CICX ini ? 

Mari saya bahas secara teknikal dalam tulisan dan gambar dibawah ini.

Untuk dapat "menerima" CICX, Anda harus memiliki suatu set kunci yang Anda kendalikan sendiri, itu artinya segala keadaan, segala pengawasan, segala pengamanan 1 set kunci tersebut berada 100% dalam tanggungjawab Anda.

Kumpulan kunci ini diibaratkan nomor rekening dan pin Anda di bank konvensional, di ranah Cryptocurrency ini disebut kunci publik (public key) dan kunci pribadi (private key).

Contoh, jika saya ingin mengirimi Anda beberapa CICX, Anda harus memberi saya kunci publik Anda terlebih dahulu. 

Ketika saya membuat transaksi, saya akan menempatkan kunci publik Anda tersebut di dalam kotak deposit yang aman. 

kemudian Anda akan menggunakan kunci pribadi Anda untuk membuka kotak deposit tersebut ketika Anda ingin mengirim CICX tersebut ke orang lain.

Pada intinya, Anda bukan menyimpan saldo CICX, namun menyimpan 1 set kunci.
Bagaimana ? sudah paham atau tambah pusing ? 🤭

Saya perjelas melalui gambar dibawah ini :


Jadi pertanyaan selanjutnya bagaimana Anda bisa mendapatkan kunci publik dan kunci pribadi milik Anda ? 

Nah, dengan bantuan ilmu keahlian kriptografi hal tersebut dapat terwujud, itu sebabnya dalam teknologi keuangan modern ini disebut Cryptocurrency, uang yang "ditenagai" oleh proses kriptografi didalamnya, mulai dari proses penerbitan, transaksionalnya hingga penyimpanannya.

Singkatnya, kunci pribadi Anda hanyalah angka acak yang besar, dan kunci publik Anda adalah angka yang dihitung dari kunci pribadi ini. Tapi bagian yang pintar adalah; Anda dapat memberikan kunci publik Anda kepada orang lain, tetapi mereka tidak dapat menemukan kunci pribadi darinya.



Sekarang, ketika Anda ingin membuka kunci CICX yang ditetapkan pada kunci publik Anda, Anda menggunakan kunci pribadi Anda untuk membentuk sesuatu yang disebut dengan tanda tangan digital (Digital Signature). 

Tanda tangan digital inilah membuktikan bahwa Anda adalah pemilik kunci publik (dan karenanya Anda dapat membuka kunci CICX), tanpa harus mengungkapkan kunci pribadi Anda kepada orang lain. 

Tanda tangan digital ini hanya berlaku untuk transaksi yang dibuat menggunakannya, sehingga tidak dapat digunakan untuk membuka kunci CICX lain yang dikunci menggunakan kunci publik yang sama.


Sistem canggih ini dikenal sebagai “Kriptografi Kunci Publik”, dan telah ada sejak 1978

Cicoin menggunakan sistem ini untuk memungkinkan siapa saja yang membuat kunci untuk mengirim dan menerima CICX dengan aman, tanpa memerlukan otoritas pusat untuk menerbitkan akun dan pin layaknya bank konvension, sepenuhnya terdesentral. 💪🏻


Kesimpulan

Anda membuat kunci pribadi dan kunci publik Anda sendiri. 

Kunci pribadi Anda hanyalah angka acak yang sangat besar, dan kunci publik Anda dihitung dari kunci pribadi Anda sendiri.

Tombol-tombol itu dapat dengan mudah dibuat di komputer Anda, atau bahkan pada sesuatu yang sederhana seperti kalkulator. 

Kebanyakan orang menggunakan corewallet Cicoin untuk membantu menghasilkan dan mengelola kunci mereka sendiri dan menyimpannya di tempat yang aman.

Untuk menerima CICX, Anda perlu memberikan kunci publik Anda kepada seseorang yang ingin mengirimkannya kepada Anda. 

Orang itu akan membuat transaksi di mana mereka membuka kunci CICX yang mereka miliki, dan membuat "kotak penyimpanan" CICX baru dan memasukkan kunci publik Anda.

Transaksi ini kemudian dikirim ke setiap node di jaringan Cicoin, di mana akan diteruskan dari node ke node sampai setiap node di jaringan memiliki salinan transaksi. 

Dari sini, setiap node memiliki kesempatan untuk mencoba dan menambang transaksi terbaru yang mereka terima di blockchain.

Proses penambangan ini melibatkan node yang mengumpulkan transaksi dari mempool ke dalam block, dan berulang kali menempatkan data blok itu melalui fungsi hash (dengan sedikit penyesuaian setiap kali) untuk mencoba dan mendapatkan hash block di bawah nilai target.

Penambang pertama yang menemukan hash block di bawah target akan menambahkan block ke blockchain mereka, dan menyiarkan block ini ke node lain di jaringan. 

Setiap node juga akan menambahkan block ini ke blockchain mereka (menghapus semua transaksi yang konflik dari mempool mereka), dan memulai kembali proses penambangan untuk mencoba dan membangun di atas block baru ini dalam blockchain.

Terakhir, penambang yang menambang block ini akan menempatkan transaksi mereka sendiri di dalam block, yang memungkinkan mereka untuk mengumpulkan sejumlah CICX yang belum ada. 

Hadiah block ini bertindak sebagai insentif bagi node untuk terus membangun dan memperkuat blockchain, sambil secara bersamaan mendistribusikan koin baru di seluruh jaringan Cicoin.

Cicoin adalah program komputer berbagi salinan informasi yang aman dengan komputer lain di seluruh dunia.

Salinan informasi aman ini terdiri dari transaksi, dan transaksi ini menggunakan kriptografi untuk memungkinkan orang mengirim dan menerima uang digital. hasilnya, terciptalah sistem alat tukar elektronik yang dapat digunakan oleh siapa saja, dan berjalan tanpa titik kendali pusat. Desentralisasi Jalan Ninjaku 🤩

Jaringan Cicoin telah berjalan tanpa gangguan sejak dirilis pada Agustus 2019. 

Saat ini Agustus 2021, jaringan Cicoin sudah memproses lebih dari 100 ribu transaksi, dengan total lebih dari Rp2.815.420.000.

Komunitas Cicoin dan platform itu sendiri juga sedang dalam pengembangan aktif dengan banyaknya komunitas disetiap daerah di Indonesia. 

Ini disebabkan oleh fakta bahwa Cicoin adalah "sumber terbuka" yang berarti bahwa siapa pun dapat melihat kode dan berkontribusi untuk meningkatkannya.


Salam Desentralisasi 💪🏻💪🏻💪🏻


Tambahan :

1. Mengapa saya harus mempercayai Anda yang menulis Blog ini ?

Saya tidak memiliki kualifikasi resmi dalam Cicoin. 

Saya baru saja membaca banyak kode, menulis banyak kode, dan mengajukan banyak pertanyaan ke komunitas. 

Semua yang saya ketahui tentang Cicoin berasal dari latihan dan pengalaman.

2. Mengapa semua informasi dan ilmu ini Anda bagikan gratis disini ?

Cicoin adalah program sumber terbuka yang dapat Anda jalankan secara gratis.

Saya telah mempelajari semua yang saya ketahui tentang Cicoin dan menulis blog secara gratis.

Blog ini dibangun sepenuhnya dengan alat sumber terbuka yang gratis.

Jadi mengapa saya tidak memberikan pendidikan yang gratis ?

Meskipun demikian, donasi Anda sangat saya hargai untuk menukarkannya dengan secangkir jahe hangat 🍵 

cicoin:CdonasiJioJeCHKqSKjEqAaSR3ncNfE2fq

3. Mengapa Anda membuat blog ini?

Karena saya ingin orang lain memahami cara kerja Cicoin juga.

Cicoin memungkinkan Anda untuk mentransfer nilai kepada siapa pun di dunia, dan saya pikir ini penting. 

Jika Anda memahami cara kerja Cicoin, Anda dapat membuat aplikasi keren Anda sendiri dan membuat perbedaan didalam kehidupan Anda.

2 komentar untuk "Bagaimana Anda Memiliki Cicoin ?"

  1. Yess.......CICOIN adalah "Sumber Terbuka" siapa pun tanpa kecuali dapat memiliki CICOIN 😍😍

    BalasHapus