Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Kuncimu, Bukan Koinmu.



Jika koin (baca : Cryptocurrency) yang Anda miliki disimpan pada wallet yang tidak memiliki kunci pribadi (private key), misalnya wallet pada exchanger, maka pertanyaan mendasar yang perlu Anda jawab adalah :  "Apakah koin tersebut benar-benar milik Anda ?"

Banyak orang yang akan mengatakan tidak, itu bukan miliknya.

Ide itu dikemas dalam salah satu "mantra" paling terkenal di dunia Cryptocurrency


"Bukan kuncimu, bukan koinmu."


Alasan filosofis untuk menyimpan koin Anda di wallet yang Anda kendalikan sendiri sangatlah sederhana.

Cryptocurrency diciptakan sebagai tanggapan terhadap sistem uang dan perbankan yang memusatkan kekuatan jauh dan menjauh dari personal individu. Dengan pemikiran ini, berarti menyerahkan kendali atas uang Anda kepada pihak ketiga dan jelas bertentangan dengan etos yang dibangun di atas Cryptocurrency.

Jika koin Anda disimpan pada pihak ketiga, apa pun yang ingin Anda gunakan akan dimediasi oleh pihak ketiga tersebut.

Dengan menyimpan koin Anda di exchanger, Anda pada dasarnya telah kehilangan kendali atas koin Anda sendiri.

Selain risiko keamanan, ada kalanya biaya yang harus Anda tanggung -karena Anda tidak memiliki kendali atas uang Anda sendiri- bisa menjadi sangat mahal.

Misalnya, jika exchanger tempat Anda menyimpan koin Anda membekukan penarikan atau withdraw koin yang Anda miliki, dengan alasan pemeliharaan (maintenance) mingguan, alasan upgrade sistem, atau alasan lainnya ketika Anda tidak berdaya untuk melakukan apa-apa jika terjadi aktivitas pasar yang bergejolak dan fluktuatif.

Salah satu poin utama Bitcoin, Cicoin dan Cryptocurrency secara keseluruhan adalah memberi penggunanya kendali penuh atas uang mereka. 

Dengan hadirnya exchanger terpusat, platform pinjaman, dan wallet online terpusat, banyak yang tidak menyadari risiko signifikan oleh karena tidak memiliki kendali atas uang mereka sendiri.

Exchanger yang tidak diatur dan berbahaya dapat menghilang kapan saja dengan membawa kabur uang milik banyak orang, dan sebagian besar kasus hanya ada sedikit kesempatan untuk dapat mengambilnya kembali.

Kasus Mt.Gox adalah contohnya, ini dulunya adalah exchanger BTC terbesar di dunia sebelum mereka memalsukan hack besar-besaran (berpura-pura terkena hack) dan mencuri Cryptocurrency senilai miliaran dolar. 

Hingga saat ini, hanya sedikit yang dapat mengambil kembali BTC mereka (para pengguna). 

Misi komunitas kami selalu membantu orang lain memahami Cryptocurrency sepenuhnya, dan menjaga koin mereka tetap aman dalam kendali mereka. 

Industri ini masih relatif baru, dan banyak investor dapat terjebak dalam jebakan yang sering menyebabkan kerugian finansial yang besar, tentu menjadi investor yang teredukasi dengan baik, dapat memberikan keuntungan jangka panjang.

Berikut ini beberapa jenis wallet yang kami rekomendasikan karena mempunyai rating tinggi dalam hal keamanan dan dapat membantu Anda menyimpan Cryptocurrency dengan aman.

1. Core Wallet (Full Node)

Dengan tingkat privacy dan keamanan tingkat tinggi, koin Anda akan aman didalamnya dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda, Anda mengendalikannya.

Anda dapat menyimpan di media penyimpanan digital yang Anda miliki, mulai dari usb, harddisk external, Penyimpanan Cloud terenkripsi.

Link download dapat Anda temukan di menu download pada blog ini.

2. Hardware Wallet.

Berbagai macam merk mempunyai keunggulan dalam keamanan, dual chip arsitektur, fitur backup yang mumpuni, serta bahan-bahan pembuatannya.

beberapa hardware wallet hanya dapat menyimpan beberapa jenis Cryptocurrency.


Kunjungi grup telegram edukasi Cryptocurrency tanpa basa-basi.

http://bit.ly/Cicoin_Community


🦾 Salam Desentralisasi. 🦾

8 komentar untuk "Bukan Kuncimu, Bukan Koinmu."

  1. Terima kasih, Min. Aku sdh install core wallet cicoin cuma blm buat passphrase.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebuah usaha yang bagus dari bapak/ibu jika sudah install core wallet.
      untuk membuat passphrase, mohon konsultasikan di komunitas bit.ly/cicoin_community supaya mendapat arahan yang tepat dan benar.

      Terima Kasih sudah singgah di gubuk online ini. 😊

      Hapus
    2. cara masuk saco walet bagaimana

      Hapus
    3. Platform saco wallet sudah tutup, Bro.

      Hapus
    4. Iya platform yang bapak maksud sudah tutup usia, dan website ini tidak ada kewenangan untuk menjelaskan terkait platform yg bapak maksud.

      Fokus ke penggunaan blockchain lewat aplikasi Cicoin Core, dapatkan versi terbaru di laman Download pada website ini.

      Hapus
  2. Mhn info bagaimana cara menginstal core wallet cicoin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak/Ibu dapat menonton video berikut : https://youtu.be/diju9xxM7nA

      Jangan lupa untuk subscribe dan like agar mendapatkan edukasi dan informasi terbaru. 🙏

      Hapus